KIRAB BUDAYA APITAN 2019

Penadaran, 25 Juli 2019

[metaslider id=”366″]

Dalam rangka memperingati sedekah bumi atau yang kerap disebut Apitan, Desa Penadaran mengadakan kegiatan yang baru pertama kali dilakukan yaitu Kirab Budaya Apitan. Berbeda dengan kegiatan Apitan sebelumnya, pada tahun ini Apitan dilaksanakan dengan menyisipkan kirab didalam rangkaian acaranya.

Ada serangkaian kirab yang dilakukan yaitu kirab I dimana kirab yang dilakukan oleh Kepala Desa menuju ke Sendang Sumber. Disana akan dilakukan acara Selamatan dan Nguras sendang dan mengambil air untuk dibawa ke rumah Kepala Desa. Selanjutnya Kirab II dilakukan oleh segenap Perangkat Desa, BPD maupun pemuda sekitar Dukuh Tempel dari Sendang Sumber menuju ke Jembangan. Di Jembangan ini dalam tradisinya Para perangkat akan menari dengan para ledhek di Jembangan. Hal ini dilakukan sebagai rasa ucapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Selanjutnya Kirab III dilakukan dari Jembangan menuju ke rumah Kepala Desa yang diikuti oleh Perangkat Desa, BPD, Bergodo dari berbagai Dukuh dan penari Tayub (ledhek). Pada kirab III ini peserta kirab akan mengiring air dari Sendang Sumber yang diambil sebelumnya.

‘Nguras Banyu Sendang’

Seperti biasanya, Apitan kali ini menyuguhkan aksi selamatan warga kepada Tuhan Yang Maha Esa atas karuniaNya memberikan hasil bumi yang melimpah. Aksi selamatan dilakukan di Sendang Sumber maupun di rumah Kepala Desa.

Selamatan di Sendang Sumber
Kirab ke Jembangan

Pada Apitan kali ini tampak masyarakat Penadaran sangat meninkmati dan antusias dalam mengikuti prosesi kirab budaya yang dilakukan. Pada Kirab Budaya Apitan ini panitia juga turut mengundang Camat Gubug dan Bupati Grobogan.

Prosesi Tayub Jembangan
Prosesi Ngubengi Omah Lurah
Prosesi Selamatan di rumah Kepala Desa

Dalam Kirab Budaya Apitan ini juga disisipkan acara Launcing BUMDes yang kedepannya dapat meningkatkan pendapatan Desa melalaui sektor BUMDes. Acara KIrab Budaya Apitan ini ditutup dengan pemotongan tumpeng oleh kepala Desa Penadaran Sholehaturidlo, SE sebagai rasa ucapan syukur atas segala karunia Tuhan Yang Maha Esa yang telah diberikan kepada seluruh masyarakat Desa Penadaran.

pemotongan tumpeng oleh Kepala Desa

[metaslider id=”410″]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *