Budaya Tahunan Ngunduh Banyu Udan

Penadaran, 10 Oktober 2019

[metaslider id=”733″]

Berbagai cara dilakukan Desa Penadaran untuk menambah khasanah budaya yang dimiliki, salah satunya dengan melestarikan budaya tahunan Ngunduh Banyu Udan. Acara ini digelar setiap satu tahun sekali pada tanggal 10 bulan Oktober, dan diikuti hampir seluruh elemen masyarakat yang meliputi perangkat desa, linmas, karangtaruna, PKK, Pokdarwis, dan masyarakat umum. Acara ini juga dihadiri oleh tamu undangan yang meliputi Ketua DPRD Grobogan, Dispermades, Perhutani, Disporabupar, Kecamatan.

Diawali dengan Kirab yang dilakukan perangkat dan segala atribut yang telah disiapkan dari kediaman kepala desa ke Omah Udan, selanjutnya prosesi diteruskan dengan doa oleh Kami Sepuh. Doa ini berisi ucapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas berkah karunia yang diberikan dan sekaligus memohon agar di desa Penadaran segera diberi berkah berupa hujan. Prosesi dilanjutkan dengan pengisian kendi oleh Kepala Desa Penadaran, dan sejumlah perwakilan dari tamu undangan. Ditengah acara dilanjutkan dengan sambutan dari kepala desa dan sejumlah pihak terkait.

Prosesi diakhiri dengan tari tayub dan tari barong sebagai hiburan untuk menambah semarak dari prosesi Ngunduh Banyu Udan. Diharapkan budaya tahunan ini dapat dilestarikan dan terus dikembangkan agar desa Penadaran sebagai Desa Wisata dapat semakin berkembang dalam mengembangkan destinasi wisatanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *