Pertemuan Lintas Sektoral STBM

Penadaran, 28 Pebruari 2020

Pada hari Jumat 28 Pebruari bertempat di Warung BUMDes Penadaran, FKD melalui Puskesmas Gubug 2 mengadakan kegiatan STBM yang bertajuk 5 Pilar STBM. Kegiatan ini merupakan awal dari rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan pada tahun 2020, mengingat Pemerintah sedang menggalakkan kegiatan kesehatan berbasis masyarakat sehingga perlu adanya edukasi yang menyeluruh kepada masyarakat melalui dinas-dinas terkait.

Pada kegiatan STBM kali ini diikuti oleh beberapa desa yang terlibat diantaranya Penadaran, Glapan, Ngroto, Ginggangtani, Trisari, dan Jeketro.

Dalam kegiatan ini Puskesmas Gubug 2 menekankan mengenai 5 Pilar STBM yang diantaranya :

1. Stop Buang Air Besar Sembarangan (Stop BABS)

Suatu kondisi ketika setiap individu dalam suatu komunitas tidak lagi melakukan perilaku buang air besar sembarangan yang berpotensi menyebarkan penyakit.

2. Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS)

Perilaku cuci tangan dengan menggunakan air bersih yang mengalir dan sabun.

3. Pengelolaan Air Minum dan Makanan di Rumah Tangga (PAMM-RT)

melakukan kegiatan mengelola air minum dan makanan di rumah tangga untuk memperbaiki dan menjaga kualitas air dari sumber air yang akan digunakan untuk air minum, serta untuk menerapkan prinsip hygiene sanitasi pangan dalam proses pengelolaan makanan di rumah tangga.

4. Pengamanan Sampah Rumah Tangga

melakukan kegiatan pengolahan sampah di rumah tangga dengan mengedepankan prinsip mengurangi, memakai ulang, dan mendaur ulang

5. Pengamanan Limbah Cair Rumah Tangga.

melakukan kegiatan pengolahan limbah cair di rumah tangga yang berasal dari sisa kegiatan mencuci, kamar mandi dan dapur yang memnuhi standar baku mutu kesehatan lingkungan dan persyaratan kesehatan yang mampu memutusa mata rantai penularan penyakit.

Adanya lima pilar STBM akan membantu masyarakat untuk mencapai tingkat higiniene yang paripurna, sehingga akan menghindarkan mereka dari kesakitan dan kematian akibat sanitasi yang tidak sehat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *